Bahaya Asam Lambung

Tahukah anda asam lambung yang dibiarkan bisa berbahaya, dan berikut adalah bahaya asam lambung yang bisa terjadi.

Bahaya Asam Lambung

Bahaya Asam Lambung

Asam lambung naik merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering ditemukan kasusnya mulai dari anak kecil, dewasa, orang tua hingga ibu hamil.

Kondisi tersebut ditandai dengan munculnya rasa mulas, nyeri dan perih hingga perut terasa kembung atau begah.

Lapisan internal perut menghasilkan suatu hormon yang disebut gastrin. Hormon ini berfungsi untuk merangsang produksi asam lambung.

Asam lambung diperlukan oleh tubuh untuk digunakan dalam proses pencernaan kita, dimana fungsi cairan asam lambung adalah untuk membantu penyerapan nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12 hingga untuk membunuh bakteri yang tertelan bersama makanan.

Cairan asam lambung terdiri dari campuran air, asam klorida, pepsin, faktor intrinsik, lendir, elektrolit (natrium, kalium, kalsium, fosfat, sulfat, dan bikarbonat), dan zat organik (lendir, pepsins, dan protein).

Cairan ini sangat asam dan suatu ketika bisa mengikis dinding lambung sehingga menimbulkan berbagai keluhan atau yang dikenal dengan penyakit maag.

Tidak hanya itu, asam lambung berlebih yang tidak ditangai dengan serius juga bisa menimbulkan berbagai penyakit yang lebih berbahaya.

Berikut ini adalah babaya asam lambung yang bisa terjadi ketika tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius, yakni :

  • Menimbulkan rasa nyeri di ulu hati disertai sensasi perih di dada dan tenggorokan. Kondisi tersebut akan terasa semakin parah ketika penderita berbaring atau membungkuk.
  • GERD, yakni penyakit pencernaan kronis yang muncul akibat asam lambung naik ke dada dan kerongkongan yang dapat memicu terjadinya iritasi dan peradangan pada kerongkongan.
  • Kerusakan Gigi, asam lambung yang mulai naik ke kerongkongan dan mulut dapat mengikis enamel gigi atau lapisan luar gigi, akibatnya gigi akan mengalami kerusakan.
  • Kesulitan bernapas, asam lambung tinggi juga dapat memperparahan penyakit asma dan pnrumonia sehingga menyebabkan penderita sesak napas dan kesulitan bernapas.
  • Radang tenggorokan, ketika asam lambung naik ke ke kerongkongan maka lama kelamaan akan mulai mengiritasi dan menimbulkan peradangan. Kondisi tersebut ditandai dengan bengkak dikerongkongan yang terasa nyeri hingga sulit menelan.
  • Esofagus Barrett yang dapat berkembang menjadi kanker kerongkongan.

Bahaya Asam Lambung Bagi Ibu Hamil

Selain beberapa kondisi diatas, asam lambung yang terjadi pada wanita hamil juga bisa menimbulkan dampak buruk bagi ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya.

Seiring bertambahnya waktu penyakit asam lambung tinggi bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih serius jika dialami oleh ibu hamil.

Bahaya asam lambung bagi ibu hamil bisa berupa feses berdarah, batuk kering, sakit tenggorokan serta penurunan berat badan akibat mengalami gangguan pencernaan.

Kondisi tersebut jelas tidaklah baik untuk kesehatan ibu hamil serta bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin yang tengah di kandung. Hal tersebut karena masalah pencernaan tersebut membuat tubuh ibu hamil tidak optimal dalam memasok nutrisi yang dibutuhkan janin yang sedang berkembang.

Untuk itu jangan pernah abaikan gangguan asam lambung tinggi pada wanita hamil, segera atasi dan cegah asam lambung tinggi agar kesehatan ibu hamil dan janin yang dikadung senantiasa terjaga.

Cara Mencegah Dan Mengatasi Asam Lambung Tinggi

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah serta mengatasi asam lambung tinggi, utamanya bagi ibu hamil, yakni :

  1. Hindari makanan pemicu seperti alkohol, minuman berkafein, minuman berkarbonasi, makanan yang diawetkan dan makanan pedas.
  2. Hindari makanan berlemak, karena dapat meningkatkan sekresi asam lambung.
  3. Hindari makanan yang mengandung gas (seperti nanas, nangka, rambutan, durian, sawi, dan kol), karena dapat menyebabkan regurgitasi isi lambung saat
  4. Makan lebih sering tapi dalam porsi yang lebih kecil.
  5. Hindari berbaring datar atau tidur setelah makan biarkan tubuh tetap tegak sekitar satu jam setelah makan.
  6. Melakukan aktivitas ringan setelah makan dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung, tetapi olahraga dan aktivitas berat harus dihindari segera setelah makan.
  7. Tidur menyamping ke kiri agar posisi lambung lebih rendah dari esophagus, guna mencegah asam lambung naik ke saluran esophagus.
  8. Stres adalah penyebab utama untuk sejumlah besar penyakit di dalam tubuh, termasuk juga asam lambung tinggi. Oleh karenanya, sebisa mungkin ibu hamil harus bisa menangani dan mengendalikan stresnya dengan baik.

Jika beberapa hal tersebut tidak cukup membantu, maka anda bisa mengatasinya dengan cara konsumsi obat asam lambung herbal QNC GAMAT yang sangat aman dikonsumsi oleh semua usia termasuk ibu hamil.

Mengingat asam lambung bisa menimbulkan bahaya ketika tidak diatasi dengan serius, maka segeratasi atasi dengan tuntas jika anda mulai merasakan beberapa gejalanya.

Demikianlah informasi tentang bahaya asam lambung ini, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan jangan lupa bagikan jika anda rasa bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *