Bahaya Penyakit Hipertiroid

Bahaya Penyakit Hipertiroid.- Jangan pernah angga enteng gangguan hipertiroid, karena jika tidak diatasi dengan serius bisa menimbulkan berbagai komplikasi. Berikut kami berikan informasi tentang bahaya akibat komplikasi hipertiroid.

Bahaya Penyakit Hipertiroid

Hipertiroid adalah kondisi dimana produksi hormon tiroksin sehingga tubuh akan kelebihan hormon tiroksin.

Hormon tersebut dihasilkan oleh kelenjar tiroid yang memiliki peranan penting dalam berbagai proses metabolisme. Sehingga ketika hormon tersebut terlalu banyak atau terlalu sedikit maka dapat menyebabkan proses metabolisme dalam tubuh terganggu.

Secara umum, hipertiroid lebih sering dialami oleh wanita dan bisa muncul pada usia berapun mulai dari anak-anak hingga usia dewasa.

Ketika jumlah hormon tiroksin terlalu tinggi ( hipertiroid ) maka dapat memicu terjadinya percepatan metabolisme dalam tubuh yang ditandai dengan munculnya gejala berupa :

  • Berat badan turun tanpa alasan yang jelas.
  • Hiperaktif. Penderita menjadi tidak akan bisa diam dan dipenuhi perasaan cemas.
  • Mudah marah dan emosional.
  • Insomnia atau kesulitan untuk tidur pada malam hari.
  • Konsentrasi menurun.
  • Berkeringat secara berlebihan dan sensitif terhadap suhu panas.
  • Libido menurun.
  • Otot terasa lemas.
  • Diare.
  • Kemandulan.
  • Siklus menstruasi menjadi tidak teratur, jarang, atau berhenti sekaligus.
  • Pada penderita diabetes, hipertiroidisme bisa menyebabkan rasa haus dan sangat lelah.

Selain itu, pada sebagian kasus hipertiroid penderita hipertiroid juga bisa mengalami pembesaran atau pembengkakan leher, detak jantung meningkat, tremor atau gemetaran, kedutan otot, kuku melonggar, rambut rontok hingga mata terlihat seperti melotot.

Dianjurkan segera temui dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat ketika beberapa kondisi tersebut mulai anda rasakan, sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa dihindari.

Beberapa komplikasi akibat bahaya penyakit hipertiroid yang dapat terjadi ketika tidak diatasi dengan serius dan tuntas adalah bisa menyebabkan kondisi sebagai berikut :

Oftalmopati Graves

Oftalmopati Graves adalah kondisi dimana penderita akan mengalami mata kering, mengeluarkan air mata berlebihan, penglihatan menjad kabur, mata bengkak serta akan lebih sensitiv terhadap cahaya.

Keguguran dan preeklampsia

Ketika yang menderita hipertiroid adalah wanita hamil maka hipertiroid bisa menganggu pertumbuhan dan perkembangan janin yang sedang di kandung sehingga bisa memicu terjadinya keguguran, bayi lahir prematur, kejang-kejang hingga bayi lahir dengan berat badan rendah.

Thyroid storm

Thyroid storm adalah kondisi seseorang mengalami gejala hipertiroid yang parah secara tiba-tiba akibat metabolisme berjalan dengan cepat. Kondisi ini merupakan kondisi darurat yang membutuhkan penanganan medis segera.

Indikasi atau gejala seseorang terkena Thyroid storm adalah akan mengalami : nyeri dada, diare, demam, menggigil, merasa ketakutan dan kebingungan, kuning pada kulit dan bola mata.

Gangguan Jantung

Penyakit hipertiorid yang tidak diatasi dengan segera bisa menyebabkan kerusakan pada jantung akibat jantung mengalami detak tidak normal seperti terlalu cepat atau irama jantung yang tidak normal hingga penderita mengalami gagal jantung.

Osteoporosis ( Pengeroposan Tulang )

Ketika hormon tiroksin yang dihasilkan kelenjar tiroid tinggi maka bisa memicu terjadinya pengeropan tulang. Hal tersebut karena tulang menjadi kekurangan kalisum dan mineral, karena hormon tiorid yang tinggi akan membuat tubuh kesulitan menyerap kalsium dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Demikianlah informasi singkat tentang bahaya penyakit hipertiroid ini semoga bisa dipahami. Jangan lupa bagikan jika anda rasa bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *