Gejala Stroke Ringan Pada Wanita

Tidak hanya pria, seorang wanita juga bisa terkena stroke ringan dan berikut adalah gejala stroke ringan pada wanita yang mesti diwaspadai karena bisa mematikan.

Gejala Stroke Ringan Pada Wanita

Gejala Stroke Ringan Pada Wanita Yang Sering Diabaikan

Stroke ringan adalah gangguan fungsi otak yang muncul akibat terhambatnya aliran darah ke otak oleh plak yang terbentuk dari endapan kolesterol yang mengandung lemak didalam arteri sehingga otak kekurangan oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk menjalankan fungsinya.

Beda stroke ringan dengan stroke sesungguhnya adalah stroke ringan terjadi hanya dalam beberapa saat saja yakni terjadi kurang dari 24 jam sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang berarti pada otak sehingga bisa lebih mudah disembuhkan.

Namun yang perlu diwaspadai adalah meskipun berlangsung secara singkat penyakit stroke ringan tetap membahayakan karena bisa menyebabkan kematian jika abaikan, jadi jangan pernah abaikan stroke ringan atasi dan obati dengan serius jika anda mulia merasakan beberapa gejalanya.

Secara umum stroke ringan lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Gejala stroke ringan pada wanita hampir mirip dengan gejala yang dialami oleh pria.

Orang yang sering merokok, memiliki tensi darah tinggi, berat badan berlebih, memiliki kadar kolesterol tinggi serta suka mengkonsumsi minuman beralkohol beresiko tinggi terkena penyakit stroke ringan sehingga mesti mewaspadainya.

Tidak hanya itu, orang yang memiliki masalah dengan irama jantung dan menderita penyakit diabetes juga rentang terserang stroke ringan.

Dengan begitu, maka orang-orang yang memiliki resiko tinggi terkena stroke ringan mesti sering-sering melakukan konsultasi dengan dokter guna mencegah penyakit stroke ringan karena sama bahayanya dengan stroke sesungguhnya.

Gejala Stroke Ringan Pada Wanita

Meski kebanyakan penderita stroke ringan adalah pria bukan berarti wanita tidak akan terkena penyakit ini, sehingga penting juga untuk setiap wanita mengetahui dan mencari tahu akan gejala stroke ringan pada wanita.

Berikut ini adalah beberapa gejala stroke ringan pada wanita seperti dikutip oleh alodokter.com yang mesti diketahui dan perhatikan, yakni :

  • Stroke ringan dapat menyebabkan kelemahan otot wajah, tanda-tandanya adalah wajah turun ke salah satu sisi (wajah terlihat tidak simetris), tidak bisa senyum, tidak dapat mengerutkan dahi, dan mata atau mulut turun ke bawah.
  • Penderita stroke ringan kemungkinan tidak mampu mengangkat kedua lengan dan tungkai. Hal ini terjadi karena anggota gerak mereka lemas atau mati rasa pada salah satu sisi.
  • Kesemutan di bagian tubuh yang terkena serangan stroke ringan, seperti wajah, lengan, dan tungkai pada sisi yang terganggu.
  • Kemampuan bicara juga bisa terganggu. Misalnya bicara cadel, tidak beraturan, tidak dapat memahami ucapan orang lain, atau bahkan tidak mampu bicara sama sekali.
  • Pandangan terganggu pada salah satu atau kedua mata.
  • Sakit kepala dan pusing.
  • Kesulitan berjalan atau mempertahankan posisi tubuh karena adanya gangguan sistem koordinasi tubuh.
  • Kesulitan berjalan juga bisa disebabkan oleh kelemahan pada tungkai dan kaki.

Dianjurkan segera menemui dokter jika beberapa gejala tersebut mulai dirasakan atau temukan pada orang terdekat anda guna mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat karena itu merupakan kunci untuk bisa terhindari dari bahaya penyakit stroke ringan.

Bahaya stroke ringan yang bisa muncul ketika tidak diatasi dengan cepat dan tepat adalah penderita bisa mengalami stroke yang sesungguhnya. Selain itu orang yang terkena stroke ringan diprediksi memiliki harapan hidup yang lebih rendah pada sembilan tahun pertama.

Demikianlah informasi singkat tentang gejala stroke ringan ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *