Makanan Untuk Penderita Infeksi Paru Paru

Untuk penderita infeksi baru baru, inilah daftar makanan untuk penderita infeksi paru paru yang baik dikonsumsi guna membantu proses pengobatan dan penyembuhan yang sedang dijalani.

Makanan Untuk Penderita Infeksi Paru Paru

Makanan Untuk Penderita Infeksi Paru Paru Yang Baik Dikonsumsi

Infeksi paru paru adalah penyakit yang tidak boleh dianggap sepele utamanya jika terjadi pada anak dan bayi, karena bisa menyebabkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius.

Hal tersebut karena penyakit infeksi paru paru terjadi pada salah satu organ dalam sistem pernapasan kita. Sehingga dampaknya bisa berakibat fatal ketika tidak tertangani dengan serius.

Penyakit infeksi paru paru adalah kondisi dimana terjadinya peradangan akibat infeksi mikroorganisme seperti bakteri, virus, parasit dan jamur pada bagian organ atau jaringan di paru paru.

Berdasarkan penyebab dan bagian atau jaringan paru paru yang mengalami peradangan, infeksi paru paru memiliki beberapa jenis yakni :

Pneumonia

Pneumonia, adalah kondisi dimana inflamasi terjadi pada kantong-kantong udara disalah satu atau bahkan kedua paru paru. Akibatnya kantong yang seharusnya berisi udara akan membengkak dan dipenulih oleh cairan.

Indikasi atau gejala pnemonia adalah penderita akan mengalami batuk berupa batuk kering hingga batuk berdahak kenal berwarna kuning, hijau hingga batu darah , demam, berkeringat dan mengigil, nafas terengah-engah, nyeri saat menarik napas atau batuk, mual muntah hingga mengalami diare.

Bronkitis

Bronkitis adalah kondisi dimana infeksi atau peradangan terjadi di saluran bronkus yakni saluran utama pernapasan di paru paru.

Peradangan ini bisa terjadi hanya dalam beberapa minggu saja atau bahkan bisa bersifat kambuhan yakni 3 minggu dalam satu tahun dan terjadi secara berulang.

Indikasi atau gejala ketika seseorang terkena penyakit bronkitis adalah batuk disertai lendir berwatna kuning hingga hijau, sakit tenggorokan, sesak napas, hidung tersumbat, sakit dada, kelelahan hingga mengalami demam ringan.

Dianjurkan segera temui dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat, karena jika dibiarkan bronkitis bisa berkembang menjadi pnumonia.

Tuberkulosis ( TBC )

Tuberkulosis atau TBC adalah peradangan pada paru-paru yang timbul karena infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Tbc termasuk penyakit yang mudah menular dari penderita TB aktif melalui udara yang dikeluarkan oleh penderita tbc pada saat batuk atau bersin.

TB termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia. Data WHO menunjukkan bahwa pada tahun 2015, Indonesia termasuk dalam 6 besar negara dengan kasus baru TB terbanyak.

Indikasi atau gejala TBC yang umumnya dirasakan oleh penderita adalah batuk, berat badan menyusut, tidak nafsu makan, demam, keringat di malam hari, batuk berdarah, nyeri dada, dan lemah.

Emfisema

Emfesima adalah penyakit kronis yang muncul akibat rusaknya kantong udara ( alveolus ) di paru paru. Kerusakan yang terjadi semakin parah akan embentuk satu kantong besar dari beberapa kantong kecil yang pecah. Akibatnya, luas area permukaan paru-paru menjadi berkurang yang menyebabkan kadar oksigen yang mencapai aliran darah menurun.

Indikasi atau gejala ketika seseorang mengalami penyakit emfisema adalah berupa : batuk, napas pendek, cepat lelah, berat badan turun, jantung berdebar, bibir dan kuku menjadi biru hingga mengalami depresi

Makanan Untuk Penderita Infeksi Paru Paru

Untuk anda yang saat ini menderita atau memiliki keluarga menderita salah satu penyakit infeksi tersebut, maka untuk membantu proses pengobatan dan penyembuhan yang dijalani maka penting untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa daftar makanan untuk penderita infeksi paru paru yang baik dikonsumsi, guna membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit, yakni :

1.) Makanan Mengandung Vitamin C

Penderita infeksi paru paru sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Hal tersebut karena vitamin C dipercayai dapat meningkatkan kondisi kesehatan penderita serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, konsumsi makanan mengandung vitamin C tinggi juga dapat membuat organ paru paru lebih sehat.

2.) Buah Apel

Buah apel terbukti mengandung phytochemical yang mampu menyehatkan saluran pernafasan serta meningkatkan kondisi kesehatan penderita infeksi paru paru.

Untuk mendapatkan khasiat apel, maka penderita bisa mengkonsumsi minimal 5 buah apel dalam seminggu.

3.) Buah Blueberry dan strawberry

Blueberry dan Strawberry merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan tinggi yang sangat bagus untuk menjaga, memelihara kesehatan tubuh serta membantu mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Antioksidan juga terbukti efektif mengatasi peradangan yang terjadi dalam tubuh akibat bakteri, virus serta berbagai mikroorganisme lainnya.

Dengan begitu maka, penderita infeksi paru paru dianjurkan konsumsi buah Blueberry dan Strawberry secara rutin guna membantu proses penyembuhan.

4.) Kubis

Kubis merupakan sayuran yang dianjurkan dikonsumsi oleh penderita infeksi paru paru. Hal tersebut karena kubis memiliki manfaat mampu membersihkan paru paru jika dikonsumsi secara rutin.

5). Kol

Selain kubis, sayuran kol juga baik dikonsumsi oleh penderita infeksi paru paru karena memiliki khasiat dan manfaat yang sama dengan kubis yakni dapat membersihkan paru paru.

6.) Bayam

Selanjutnya makanan untuk penderita infeksi paru paru dalah sayur bayam. Bayam terbukti mengandung asam folat yang berguna untuk mencegah infeksi bakteri dan virus hingga kanker.

7.) Buah Pisang

Buah pisang terbukti mengandung magnesium yang terbukti efektif dalam membantu proses pengobatan penyakit infeksi paru paru secara alami.

Dengan begitu maka penderita infeksi paru paru dianjurkan konsumsi buah ini untuk membantu proses penyembuhan penyakit.

Nah itulah beberapa makanan untuk penderita infeksi paru paru yang baik dikonsumsi karena memiliki manfaat dapat membatu mengatasi penyakit infeksi paru paru ketika dikonsumsi secara rutin. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika makanan tersebut mulai saat ini dimasukan kedalam menu harian anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *