Makanan Yang Harus Dihindari Infeksi Rahim

Bagi penderita infeksi rahim maka inilah jenis makanan yang harus dihindari infeksi rahim agar penyakit yang diderita tidak semakin parah dan lebih mudah disembuhkan.

Makanan Yang Harus Dihindari Infeksi Rahim

Mherbal.Com .- Infeksi rahim atau Endometritis adalah kondisi dimana terjadinya peradangan pada lapisan dinding rahim. Kondisi ini umumnya tidaklah membahayakan akan tetapi bisa menyebabkan wanita yang menderitanya sulit mendapatkan keturunan serta berdampak pada kesehatan secara umum.

Secara umum, infeksi rahim lebih sering terjadi setelah persalinan, operasi caesar, atau keguguran. Tidak hanya itu, infeksi rahim juga bisa dipicu oleh beberapa faktor yakni berupa :

  • Cairan ketuban yang mengandung mekonium janin
  • Jaringan plasenta yang tertahan atau tertinggal di dalam rahim setelah mengalami keguguran atau selesai menjalani persalinan.
  • Penyakit peradangan panggul.
  • Diabetes
  • Penyakit menular seksual.

Gejala Infeksi Rahim

Terjadinya infeksi rahim akan lebih tinggi pada wanita yang menjalani prosedur medis pada panggul yang dilakukan melalui leher rahim seperti : biopsi endometrial, dilatasi dan kuret, histeroskopi, dan penggunaan IUD.

Selain itu, infeksi rahim juga besar kemungkinan terjadi setelah persalinan yang berdurasi lebih lama, keguguran, operasi caesar, pengidap anemia selama hamil serta mereka yang dengan tingkat kebersihan yang rendah.

Infeksi rahim dapat diketahui melalui pemeriksaan perut, rahim dan leher rahim. Diaknosis juga dapat dilakukan dengan cara biopsi, laparoskopi dan kultur bakteri.

Selain dapat menimbulkan penderta kesulitan mendapatkan keturunan, infeksi rahim juga bisa menyebabkan septisemia yakni terbentuknya nanah pada rahim hingga peritonitis panggul.

Septisemia dapat menyebabkan septic shock yang membahayakan nyawa. Untuk itu jangan pernah anggap sepele penyakit infeksi rahim segera atasi dengan serius, ketika anda mulai merasakan beberapa gejalanya, yakni berupa :

  • Demam.
  • Konstipasi.
  • Adanya cairan tidak normal dari vagina ataupun perdarahan vagina.
  • Tubuh lemas.
  • Nyeri pada bagian panggul ataupun perut bawah.

Wanita yang menderita infeksi rahim dan menunjukan gejala tersebut perlu mendapatkan penanganan UGD, utamanya jika dialami oleh wanita setelah aborsi, keguguran, persalinan dan penggunaan IUD.

Makanan Yang Harus Dihindari Infeksi Rahim

Selama proses pengobatan dan penyembuhan ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar pengobatan yang dilakukan berjalan maksimal.

Salah satunya adalah mengenai asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Jangan sampai makanan yang seharusnya dihindari oleh penderita infeksi rahim justru dikonsumsi yang mana justru akan memperburuk keadaan.

Nah, untuk itu penting bagi setiap penderta infeksi rahim untuk mengetahui apa saja makanan yang harus dihindari infeksi rahim.

Berikut ini adalah daftar makanan yang harus dihindari penderita infeksi rahim, yakni :

  1. Makanan yang diawetkan, alasannya karena memiliki senyawa kimiawi yang bisa berubah menjadi karsiogenaktif.
  2. Daging, termasuk daging sapi, kerbau, kambing dan babi, karena dapat memfasilitasi pertumbuhan sel abnormal.
  3. Seafood, udang, kerang, cumi-cumi, kepiting yang mengandung lemak tinggi (lemak tinggi bisa merangsang berkembangnya sel kanker)
  4. Ikan asin, ikan asin jenis ini yang diproses dari bahannya tidak segar, yang terurai sehingga bahan allergen dan mengundang reaksi kekebalan tubuh.
  5. Buah, lengkeng dan nangka adalah jenis buah yang mengandung zat yang tumbuh untuk sel kanker, sedangkan duku, nanas, durian dan anggur menghasilkan alkohol sehingga bisa merangsang perkembangan sel kanker.
  6. Sayuran tauge karena taoge memiliki zat yang bisa merangsang sel kanker.
  7. Daging unggas, ini karena daging unggas biasanya menyuntikkan hormon yang mirip dengan hormon anabolic pada manusia, dimana jenis hormon ini diduga memicu pertumbuhan sel kanker prostat dan kelenjar.
  8. Kafein, karena kandungan kafein akan mengganggu kesuburan apabila dikonsumsi secara banyak dan sering.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita infeksi rahim selama dalam masa pengobatan dan penyembuhan.

Hal tersebut agar proses pengobatan dan penyembuhan tidak terganggu serta gejala infeksi rahim yang timbul tidak semakin parah, maka dari itu wajib untuk penderita infeksi rahim menghindarinya.

sumber materi :


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *