Hematuria : Penyebab Kencing Atau Urine Berdarah

Penyebab Kencing Atau Urine Berdarah .- Terdapatnya darah dalam air kencing atau urine jelas sangat menakutkan.Namuan walaunpun demikian kencing darah ( hematuria ) jarang mengindikasikan atau menandakan kondisi medis yang membahayakan nyawa Anda.Namun walaupun demikian anda harus segera mengatasinya dan memeriksakan diri kepada dokter.

Penyebab Hematuria ( Kencing Berdarah )

Penyebab Kencing Atau Urine Berdarah

Sebelum anda memeriksakan diri kedokter,anda tentunya ingin mendapatkan sedikit gambaran  atau jawaban apa penyebab kencing berdarah ini ? 

Dan berikut ini adalah beberapa penyebab hematuria secara umum yang bersangktan dengan kondisi medis atau gejala penyakit tertentu yakni :

  1. Infeksi saluran kemih. Kondisi ini terjadi ketika bakteri memasuki tubuh melalui uretra dan berkembang biak di dalam kandung kemih. Gejala lain selain hematuria adalah keinginan untuk terus buang air kecil, sakit dan sensasi rasa terbakar saat buang air kecil, dan urine yang beraroma kuat.
  2. Infeksi ginjal. Gejala yang lainnya adalah demam dan juga sakit pada sisi punggung bagian bawah.
  3. Batu ginjal. Jika batu cukup kecil, kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi jika batu berukuran besar dan menghalangi salah satu saluran dari ginjal, akan menyebabkan sakit yang parah.
  4. Pembengkakan kelenjar prostat. Kondisi yang umum ini tidak terkait dengan kanker prostat dan cenderung terjadi pada pria dewasa. Kondisi ini bisa menyebabkan kesulitan buang air kecil dan sering buang air kecil.
  5. Kanker prostat. Kondisi ini bisa disembuhkan jika diketahui dan ditangani sejak dini. Cenderung terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun. Perkembangan kondisi ini sangat perlahan.
  6. Kanker kandung kemih. Kondisi ini lebih sering terjadi pada mereka yang berusia di atas 50 tahun.
  7. Kanker ginjal. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang-orang di atas usia 50 tahun. Kanker ini bisa disembuhkan apabila terdeteksi dan diobati sejak dini.
  8. Peradangan pada uretra. Kondisi yang umumnya disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti chlamydia (klamidia), akibat terinfeksi bakteri Klamidia trachomatis.
  9. Kelainan genetik. Anemia sel sabit adalah kerusakan hemoglobin sel darah karena faktor keturunan. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya darah dalam urine. Selain anemia sel sabit, sindrom Alport juga bisa menyebabkan hematuria. Sindrom ini memengaruhi jaringan penyaring pada ginjal.
  10. Olahraga secara berlebihan. Kondisi ini mungkin jarang sekali terjadi dan tidak diketahui dengan pasti kenapa bisa menyebabkan terjadinya hematuria, tapi salah satu keterkaitannya adalah karena terjadi trauma pada kandung kemih yang mengalami dehidrasi akibat aktivitas fisik yang berlebihan.

Sumber : www.alodokter.com

Nah selain gejala dari beberapa penyakit diatas timbulnya atau berubahnya warna urine menjadi merah juga bisa disebabkan oleh makanan atau obat-obatan.Buah bit dan beri bisa mengubah warna urine jadi berwarna merah. Lalu obat-obatan seperti antibiotik nitrofurantoin dan obat laksatif sanna bisa membuat warna urine berubah menjadi kemerahan.Namun biasanya perubahan warna urine akan hilang dengan sendirinya apabila disebabkan oleh mengkonsumsi makanan dan obat-obatan tersebut.

Demikianlah informasi tentang penyebab kencing atau urine berdarah ini semoga bermanfaat dan bisa membantu dan menjawab rasa ingin tahu anda.Terima kasih sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana kami dan sampai jumpa.

Baca Juga :

  1. Penyebab Buang Air Kecil Terasa Sakit pada Wanita
  2. Benjolan Di Leher Sebelah Kanan Terasa Sakit
  3. Manfaat Semut Jepang

Post By : Mherbal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *